Monday, September 10, 2018

Yuk Wisata ke Kandang Rusa Margorejo Kudus


Rusa Timor di Margorejo

MELIHAT dari dekat rusa timor, bagaimana cara mereka makan dan berkembang biak. Tentunya menjadi pengalaman unik bagi anak-anak dan mungkin saja orang dewasa yang gemar hewan liar. Di Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, kita bisa melihat semua itu dari dekat. Kita pun akan dimanjakan dengan potensi buah durian pelang, ace (rambutan), belimbing, dan lain-lain.


Desa itu memiliki kawasan wisata berbasis potensi desa yakni kebun buah dan kandang rusa. Ada sebanyak 130-an rusa dengan nama latin cervus timorensis yang dikembangbiakkan di kandang rusa yang dikelilingi kebun buah dirian dan ace (rambutan). Datang lah di bulan November atau Desember.

Di bulan-bulan itu, pohon durian di Margorejo biasanya sudah berbuah. Durian Pelang nama bekennya. Lengkap sudah setelah melihat tingkah polah rusa, kita berburu durian pelang, durian khas yang menjadi andalan Desa Margorejo.

Cukup mudah untuk menjangkau Desa Margorejo. Banyak jalan menuju ke sana. Jika datang dari arah Kota Kudus, ambil saja jalur ke arah Muria (Desa Colo). Berbeloklah ke arah timur di pertigaan setelah Pasar Piji.

Lurus saja sekitar 4 kilometer. Tanya saja di mana Desa Margorejo, atau yang terkenal dengan sebutan Pelang. Orang Kudus yang terkenal ramah pasti dengan senang hati menunjukkan lokasinya.

Jika dari arah Kabupaten Pati, belok saja ke arah utara di perempatan Pom Bensin Krawang. Tanya saja jalur ke arah Pelang. Pasti tak akan nyasar.
Panen Buah Belimbing
Sejak dibuka untuk umum 2016, pengunjung Eduwisata penangkaran rusa terus yang meningkat. Untuk masuk penangkaran, pengunjung tidak dibebani retribusi, tapi mereka cukup membayar paket untuk moda transportasi andong, wisata kuliner, maupun atraksi budaya yang disajikan.

Datanglah berkelompok. Biar lebih asyik. Kepala Desa Margorejo Akhmad Baskoro mengatakan, desanya telah merintis Badan Usaha Milik Desa agar pengembangan wisata desa lebih baik lagi ke depannya.

Selain eduwisata di penangkaran rusa, melalui BUMDes pemerintah desa juga ingin mengembangkan wisata gula tumbu dan pemancingan yang ada di desa kami. Sebentar lagi November. Yuk rencanakan kunjungan wisata ke Desa Margorejo.

Kabarnya, kelompok sadar wisata desa itu sedang menyiapkan atraksi wisata festival durian Pelang yang bakal semakin memanjakan pengunjung yang hadir.




0 komentar:

Post a Comment