Wednesday, June 20, 2018

8 Kedai Kopi Enak Yang Bikin Betah Nongkrong Syantik di Kudus

sumber IG Kopithong

Anda pecinta kopi? Tapi bukan kopi instan lho. Ngopi yang benar-benar kopi yang diseduh dari biji kopi pilihan. Jika iya dan pas kebetulan mampir di Kudus, berikut rekomendasi 8 kedai kopi enak di Kudus.

Selain menyediakan kopi enak dari biji kopi pilihan, pecinta kopi juga bisa nongkrong dan foto syantik untuk menambah koleksi foto di akun instagramnya. Yang menarik, sebagian besar kedai kopi di Kudus akan merekomendasikan kamu untu mencicipi kopi Muria.

Kopi yang diambil dari para petani kopi di Lereng Muria. Sejak para barista Kudus mengangkat potensi kopi muria, mereka berkomitmen untuk menjadikan kopi muria naik kelas. Dari sekedar dijual saat panen, kopi muria sudah hadir di cangkir-cangkir kedai ternama di Kudus.

Oia. Kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh biji kopi yang sudah di-roasting oleh barista kedai berikut. Nah.. ini lah 8 kedai kopi enak rekomendasi omonganem.com bagi anda pecinta kopi yang sedang dolan di Kudus.

1. Kopithong

sumber : IG Kopithong
Coffee house yang satu ini termasuk pioner kedai kopi di Kabupaten Kudus. Menjadikan kopi muria sebagai menu kopi andalan, Kopithong berhasil mengangkat kopi Muria naik kelas. Jika sebelumnya biji kopi hasil panenan petani di lereng Muria langsung dijual ke pedagang, kini kopi riibusta dari muria telah menjadi menu kopi yang banyak dicari pecinta kopi.

Sang barista juga rajin mengenalkan kopi Muria ke berbagai event kopi di luar daerah. Kopithong menjadi Coffe house, sekaligus Brewing class, dan Roastry. Lokasinya di tengah Kota Kudus. Cari aja di google map-mu, arahkan ke Jalan Dr Ramelan Nomor 19 B Kudus.

Kopithong buka setiap Selasa- Minggu pukul 17.00-23.00 WIB. Yang menarik, Kopithong baru saja merilis menu baru yakni Thongcold, varian minuman dingin praktis langsung diminum. Varianya macem-macem mulai black coffee, cafe’ latte, mochaccino, choclatte, frappe’s, grass drink.

Grass dring diolah dari lemon grass, ginger (jahe), lemon, gula, dan air. Thongcold adalah minuman siap saji, karena sudah dikemas dalam botol yang unik. Minuman dingin ini menjadi incaran pecinta kopi sejak dirilis.

Selain ngopi, coba lah pesan menu kuliner ala resto besar hasil kreasi pemilik kedai.

Thongcold. sumber : IG Kopithong

2. No 8 Coffee

Kafe yang satu ini semula merupakan warung milik ibunya si pemilik. Sejak disulap menjadi coffe shop, no 8 coffe menjadi salah satu rujukan tempat nongkrong ngopi syantik di Kudus. Kafe ini buka setiap Senin – Sabtu mulai jam 08.30 – 21.00, Jumat jam 13.00 -18.00, dan Minggu 10.00 – 18.00.

Lokasinya berada di Jalan Menur Nomor 8 Kudus. Mengangkat tema roasting rumahan, No 8 Coffe menjadikan kafe selayaknya ngopi di rumah. Selain ngopi di tempat, coffee shop ini juga menyediakan kopi biji dalam kemasan kecil mulai 100 gram dan juga 200 gram.

Meski tempatnya hanya warung kecil sederhana, kedai yang satu ini kerap ramai dikunjungi muda-mudi yang gemar menyeruput kopi sembari nongkrong berbincang hangat. Kedai ini juga rajin menggelar kelas menyeduh kopi. Cek instagramnya untuk memantau kapan mereka menggelar event menarik tersebut.

sumber : IG No 8 Coffee

3. Sidji Coffee


Sidji Coffe memiliki dua kedai kopi. Dua-duanya instagramable banget. Tempatnya "cozy" dengan menu cemilan yang enak-enak. Kedai yang pertama di Jalan HM Subchan ZE Nomor 42 Janggalan. Satunya lagi di Jalan Mulya belakang kantor DPRD Kudus

Selain menikmati seduhan kopi yang nikmat, di kedai ini juga ada cemilan dan roti yang sayang jika dilewatkan. Untuk rekomendasi, coba pesan muffin dengan berbagai variasi rasa ala Sidji Coffee.

sumber : IG Sidji Coffee

4. Kopi Kritink Premium (Kritink Restro)


Lokasinya berada di Jalan Tit Sudono (Gang 4) nomor 302 Kudus. Buka setiap hari mulai jam 12.00-24.00. Selain menyediakan kopi “giling” yang nikmat, tempat nongkrongnya juga luas. Selain itu banyak menu makanan ala resto yang siap menemani kamu ngopi di sini. 

Selain itu, lokasinya juga instagramable banget. Bonus lah bagi yang suka narsis di akun instagram. Bisa ngopi dan makan kenyang, sekaligus foto syantik buat instagramnya. Spageti ala Kritink Resto layak dicoba saat mampir ke tempat ini.

sumber : IG Kriting Resto

5. Wajik Coffee RSTRY


Wajik berada di pusat kuliner Taman Bojana Kudus. Lokasinya tepat di jantung kota, Alun-alun Kota Kudus. tempat nongrong yang mengangkat tema home coffe industry ini buka buka setiap hari sampai pukul 22.00 WIB. Khusus Lebaran tahun ini Wajik buka mulai pukul 16.00 – 22.00

Di Wajik, ada berbagai macam varian kopi Muria dan kopi pilihan dari daerah lain. Ngopi di sini paling nikmat ditemani donat yang juga disediakan sang pemilik kedai. Wajik juga menyediakan biji kopi kemasan yang diroasting sendiri oleh pemilih kedai. 

Meski tempatnya mungil, kedai ini juga menjadi favorit tempat nongkrong anak muda di Kudus. Oia, wajik juga menjual kopi kemasan hasil roasting sendiri. Jadi, kamu-kamu bisa menyeduh sendiri kopi Wajik di rumah.

sumber : IG Wajik Coffee

6. TKP Coffee House

Kedai kopi yang satu ini berada di Jalan HOC Cokroaminoto No 30 Mlati Lor Kudus. Selain menyediakan kopi, kedai ini juga menyediakan berbagai menu makanan yang menggoda selera. 

Di kedai ini, para penikmat kopi juga bisa ngopi syantik di balkon TKP Coffe House yang dijamin membuat betah berlama-lama menyeruput kopi. 

sumber : IG TKP Coffee House

7. Banaran 9 Resto coffee dan Tea Kudus


Lokasinya berada di pinggir jalan Pantura Jendral Sudirman Nomor 285 Rendeng Kudus. Kedai dan resto yang berkonsep klasik ini bakal membuat betah pengunjungnya.

Kedai milik PTPN ini menghadirkan konsep tempo dulu. Kedainya memanfaatkan bangunan peninggalan Belanda yang masih satu areal dengan Pabrik Gula (PG) Rendeng. Di Kedai ini juga ada fasilitas paintball bagi yang suka olahraga tembak-menembak.

sumber : IG Banaran 9 Resto
sumber : IG Banaran 9 Resto

8. Kopi Cilik


Kedai yang menyebut dirinya tukang sangrai lokalan ini berada di Jalan Kyai Telingsing 96/380 Sunggingan Kudus. Buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Selain menyeruput kopi, pecinta kopi juga bisa belajar meyeduh kopi, atau memborong perkakas kopi.

sumber : IG Kopi Cilik








2 comments:

  1. Bagaimana dengan Gang Cafe, kedungkopi, kedai ECHO De Coffee, sixcent cafe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopinya kurang "nendang" menurut saya. silakan kalo punya penilaian sendiri

      Delete