Sunday, October 14, 2018

Tiga Kerajinan Kece Ini Cocok Untuk Hadiah Pacar Kamu

  

MEMBERI hadiah pacar atau pasangan kamu tak perlu harus merogoh kocek dalam-dalam. Dengan bujet minimalis, tiga kerajinan kece ini pasti berkesan bagi pasangan kamu. apa aja?


1. Siluet Kayu Pinus


Kerajinan ini dibuat oleh Widya Kurniawan, atau yang akrab disapa Iwan. bentuknya unik. Gambar wajah kamu akan diukir dengan metode siluet pada selembar papan kayu pinus. Biar lebih elegan dan terkesan mahal, ukiran siluet ini dibungkus dengan pigura kayu dengan tambahan kaca di sisi depannya.

Tak hanya satu wajah saja, Iwan juga kerap membuat pesanan siluet dengan dua gambar wajah pasangan muda-mudi. Karya Iwan juga cocok dihadiahkan pada pasangan kamu saat mau wisuda.

Iwan menjual karyanya mulai harga Rp 140 ribu. Harga itu untuk ukiran satu wajah saja ya. Jika ingin ada dua wajah dalam satu bingkai, harganya bisa lebih mahal. Sejak merintis usahanya April 2017, karya Iwan semakin nge-hits di kalangan anak-anak muda.

Pesanan Iwan sudah terbang hingga Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan hingga Papua. Penasaran dengan kaya Iwan, cek saja di akun instagramnya @iwanart_kudus. Iwan rajin menggunggah karya-karyanya di akun tersebut. Kamu bisa melihat-lihat dulu sebagai referensi mau memesan model yang seperti apa.

Kamu juga bisa melihat langsung proses pengerjaannya di bengkel kerja yang sekaligus rumah Iwan di Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

2. Kerajinan Pyrography 


Berbeda dari Iwan yang mengolah papan kayu pinus, kerajinan satu ini cukup unik karena diolah dari kayu sisa limbah pabrik. Cara pengerjaannya pun cukup unik. Kerajinan ini dibuat oleh Heru Suprayitno di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Pyrography adalah seni melukis di atas kayu menggunakan solder yang sudah dipanasi. Dengan modal selembar papan kayu limbah, tangan kreatif Heru “menari” menggoreskan solder listrik.

Tak sampai satu hari, goresan tangan Heru sudah membentuk wajah sesosok pria. Saat berkunjung ke rumahnya, Heru tengah mengerjakan “lukisan” dengan wajah legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi.

Harga kerajinan pyrography karya Heru dijual seharga Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu-an. Harga bertambah mahal tergantung kesulitan dan detal wajah yang dipesan. Mayoritas pemesan datang dari pasar online. 
Kamu bisa intip karya-karya heru melalui akun instagramnya @herusuprayitno123. Selain pyrography, Heru juga mengerjakan seni ukir tiga dimensi. (3D). Harganya lebih mahal, bisa mencapai jutaan rupiah. Namun melihat hasilnya, harga segitu cukup sepadan.

3. Sandal Ukir 


Kerajinan satu ini tak kalah unik. Wajah kamu akan diukir di atas sandal karet (japit). pembuatnya adalah Hartono, warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Penasaran dengan keunikan karya Hartono, cek aja akun instagramnya di @harsandalukir. Karya Hartono dikenal luas saat ia dengan kreatifitasnya mengukir maskot Asian Games.

Karyanya diliput sejumlah media cetak hingga televisi. Namanya pun melambung. Ia mulai membuat kerajinan sandal ukir sejak empat tahun lalu. Sebelumnya, Hartono merupakan perajian pisau mengikuti jejak kerabatnya yang lain.

Jejak kreativitas Hartono juga terlihat dari sandal jepit ukir dengan gambar wajah tokoh terkenal seperti Presiden RI Jokowi hingga Soekarno, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta karakter animasi seperti Doraemon dan Hello Kitty.

Ia juga membuat ukiran bermotif wajah sesuai pesanan konsumennya. Hartono juga menyulap sandal jepit menjadi jam dinding ukir dengan motif aneka rupa. Harga sandal ukir buatannya cukup terjangkau. Sandal ukir dibandrol mulai Rp 25 ribu – Rp 50 ribu.

Jika pemesan ingin sandal ukir dibuat menjadi jam dinding lengkap dengan pigura, harganya melonjak hingga Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.




0 komentar:

Post a Comment