Minggu, 30 Desember 2018

Shalat di Masjid Ini Pahalanya Setara Ibadah Umroh

omonganem masjid quba


SIAPA pun yang bersuci (mandi/wudlu) di tempat tinggalnya kemudian datang ke Quba dan shalat (shalat apa saja) di Masjid Quba, bagi dia adalah pahala Umroh. Itu lah keistimewaan Masjid Quba seperti sabda Nabi Muhammad SAW.

Masjid Quba lokasinya sekitar 4 kilometer sebelah selatan Masjid Nabawi. Untuk menuju ke sana, bisa naik bus kota dengan tarif SR 2 (atau sekitar Rp 8.000 kurs Rp 4000/SR). kita juga bisa menggunakan taxi dengan tarif sekitar SR 10.

Umumnya, jamaah umroh menggunakan bus carteran karena ingin ke sana bersama-sama. Namun tidak ada salahnya, kita saat berada di Madinah meluangkan waktu untuk menunaikan shalat di masjid Quba.

Tak perlu harus selalu datang berombongan dengan jamaah umroh yang lain. Yang penting izin dulu sama pendamping agar tidak dicari-cari. Jangan lupa bawa paspor dan tanda pengenal biro untuk berjaga-jaga jika ada urusan terkait administrasi. Arsitektur masjiq Quba sangat indah, megah, anggun, dan unik. 

omonganem masjid quba


Masjid yang mampu menampung jamaah hingga 25 ribu orang ini dilapisi granit dan marmer anti panas. Di bagian dalam ada areal terbuka dengan atap tenda raksasa. Di bagian atapnya dibentangkan kain-kain, sehingga sinar matahari tetap bisa masuk ke areal masjid. Kain-kain ini pun menambah cantiknya masjid yang dibangun Nabi dan sahabat.

Masjid ini menjadi tempat singgah Nabi saat hijrah dari Mekah menuju Madinah. Masjid ini istimewa karena Nabi selalu datang di hari Sabtu untuk menunaikan shalat.

Perlu dicatat, Masjid Quba ditutup satu jam setelah Isya dan dibuka lagi satu jam sebelum azan Subuh. Jadi jangan sampai niat kita mau shalat malam di masjid ini, sudah jauh-jauh ke sana, eh masjidnya di tutup. Shalat malam di masjid Nabawi saja Lur. Lebih sahdu karena dekat dengan makam Nabi.

omonganem masjid quba

Masjid quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhamamd SAW pada tahun 1 Hijriyah (622 Masehi). Masjid ini memiliki 19 pintu, tiga di antaranya adalah pintu utama dengan pintu yang besar. Dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, satu pintu utama khusus diperuntukkan bagi jamaah perempuan.




.

2 komentar:

  1. sebuah anugerah bisa mendapatkan pahala setara umrah yah, tapi banyak orang abai akan hal itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. kita hanya bisa berusaha sebaik-baiknya

      Hapus