Senin, 29 April 2019

Inilah Komposisi Anggota DPRD Kudus Periode 2019-2024

BELAKANGAN ini beredar nama-nama caleg DPRD Kudus yang diprediksi lolos ke “bancik duwur” julukan gedung DPRD Kudus. Dari perhitungan rekapitulasi di tingkat kecamatan oleh PPK, inilah nama-nama caleg yang berpeluang menjadi anggota DPRD Kudus 2019-2024.


Tulisan ini berdasarkan hasil rekapitulasi yang dikumpulkan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus. Angka-angka pada rekapitulasi PPK ini bisa saja berubah, jika nanti pada rekapitulasi tingkat kabupaten terjadi revisi.

Namun dari pengalaman Pemilu sebelumnya, perubahan angka di tingkat kabupaten Kudus tidak terlalu signifikan. Menunggu hasil resmi KPU merupakan langkah bijak. Tulisan ini hanya membantu anda untuk menggambarkan bagaimana komposisi DPRD Kudus periode mendatang.

Dari hasil rekapitulasi PPK di sembilan kecamatan, PDIP tetap unggul dengan delapan kursi. Kursi PDIP turun satu dibanding periode 2014-2019. PKB dan Golkar masing-masing memiliki tujuh kursi. PKB naik satu kursi.

Kenaikan kursi Golkar cukup signifikan. Periode 2014-2019 partai bergambar pohon beringin ini memiliki empat kursi. Kini naik menjadi tujuh kursi. Kursi Partai Gerindra juga naik dari lima menjadi enam kursi.

Dengan jumlah kursi tersebut, keempat Parpol itu tetap akan menduduki kursi pimpinan DPRD. Jumlah kursi PKS dan Nasdem masing-masing sebanyak empat kursi. PAN mendapat sebanyak tiga kursi. Sementara Hanura, Demokrat, dan PPP masing-masing dua kursi.

Yang menarik, hampir separuh anggota DPRD Kudus adalah wajah baru. Dari total 45 anggota DPRD Kudus, sebanyak 19 wakil rakyat merupakan wajah baru. Wajah baru itu pun sebagian “stok lama” yang kebetulan periode 2014-209 tidak mencalonkan diri, atau gagal di Pemilu lalu.

Sementara itu, Partai Bulan Bintang (PBB) diperkirakan bakal kehilangan satu-satunya kursi di DPRD Kudus di DPRD Kudus periode 2019-2024.


Dapil I Kudus (Kecamatan Kota - Jati)

Dapil II Kudus (Kecamatan Kaliwungu - Gebog)

Dapil III Kudus (Kecamatan Jekulo - Dawe)

Dapil IV Kudus (Bae - Mejobo - Undaan)






DISCLAIMER : Tulisan dan angka-angka ini merupakan penghitungan rekapitulasi manual di tingkat PPK. Keputusan resmi siapa yang duduk menjadi anggota DPRD Kudus masih menunggu penetapan KPU Kabupaten Kudus.

1 komentar: