Minggu, 12 April 2020

Fakta Dibalik Kasus Positif Covid-19 Pertama yang Sembuh di Kudus


SEORANG pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kudus dinyatakan sembuh dari serangan virus korona. Ini tentunya menjadi kabar baik disaat terus melonjaknya jumlah pasien baik yang masih dalam status pengawasan (PDP) maupun positif Covid-19

Pandemi virus corona memang menjengkelkan. Sebulan terakhir masyarakat tidak bisa beraktifitas normal. Banyak kantor turup. Aktifitas UMKM pun terpukul. Pendapatan warga menurun. Belum lagi kabar dirumahkannya ribuan pekerja akibat pandemi ini.

Sembuhnya Sukarsih, 28 tahun, pasien positif Covid tentu menjadi angin segar bagi masyarakat. Keterangannya perlu dikorek. Minimal untuk pembelajaran warga yang masih membandel, mengabaikan imbauan pemerintah. .

Sukarsih (28), pasien yang dinyatakan sembuh itu merupakan seorang perawat di salah satu rumah sakit swasta terbesar di Kabupaten Kudus. Ia bertugas di ruang isolasi khusus, tempat PDP dirawat.

Berita sembuhnya Sukarsih dari Covid-19 diumumkan langsung oleh Plt Bupati Kudus Hartopo di Pendopo Kudus.

Perempuan asal Kabupaten Pati itu juga hadir sendiri memberikan testimoni di depan wartawan. Ada sejumlah fakta menarik dibalik yang perlu dicermati dari testimoni yang disampaikan oleh Sukarsih.

Berikut penuturan Sukarsih terkait awal mula ia divonis positif Covid-19 yang dikutip dari sini. :

Gejala awal Covid-19

Saya pertama kali masuk ke RS pada tanggal 25 Maret 2020. Waktu itu saya mengalami sakit perut, mungkin karena nyeri saat haid, dan diare. Juga ada pusing. Saat periksa ke IGD, saya disarankan untuk rawat inap.

Karena sejak tanggal 21 Maret saya bertugas di Ruang Isolasi Khusus sehingga saya termasuk ODP, sejak awal saya dirawat dalam 1 kamar yang isi 1 pasien dan semua perawat dan dokter sudah menggunakan APD, tidak boleh dibesuk, dan penunggu juga dibatasi.

Selama dirawat itu timbul batuk kering dan sesak nafas. Tanggal 27 Maret 2020 dokter menyarankan saya dilakukan CT Scan Thorax atau CT Scan dada.

Hasilnya ternyata mengarah ke COVID-19. Dokter bilang saya jadi PDP dan hari itu juga saya dipindah ke Ruang Isolasi Khusus untuk pasien PDP.


Menjalani Rapid Test


Tanggal 28 Maret 2020 saya dilakukan rapid test dan hasilnya ternyata positif, langsung dilanjutkan dengan swab 2 kali, yang pertama di hari yang sama dengan rapid test, yang kedua besoknya.

Saat tahu bahwa hasil rapid test positif itu sebenarnya saya takut, apalagi saat dilanjut dengan swab 2 kali. Tapi saya memilih untuk mencari kekuatan dalam doa, dan terus memotivasi diri, yakin COVID-19 bisa sembuh. 





Dukungan Keluarga


Obat dan semua advis yang diberikan dokter selalu saya terima dan lakukan dengan suka cita. Meskipun memang diisolasi, tetapi kamar yang ditempati terasa nyaman, perawat di ruang isolasi juga selalu siap menolong kebutuhan saya.

Kontak dilakukan dengan WA jika tidak ada hal yang emergensi, kalau emergensi ada tombol nurse call untuk memanggil perawat.

Keluarga dan teman mensupport penuh. Saat saya membuat status yang menyenangkan agar tetap gembira, banyak tanggapan positif yang saya terima. Saya juga dikirimi renungan dan link ibadah secara streaming sehingga semakin dikuatkan.

Sempat Alami Down

Saat diberi tahu kalau hasil PCR positif tanggal 3 April 2020, saya agak down, artinya saya benar-benar sakit COVID-19. Tapi saya tetap menyemangati diri untuk sembuh dari COVID-19. Apalagi saat itu saya sudah 3 hari tidak ada keluhan sama sekali. Besoknya, tanggal 4-5 April 2020 saya diswab lagi 2 kali.

Dokter bilang, kalau hasil 2 kali swab ini juga negatif, artinya saya benar-benar sembuh dan boleh pulang. Negatif artinya tidak ada virus lagi di tubuh saya, sehingga saat pulang juga benar-benar aman, tidak ada virus di tubuh saya yang bisa menular ke orang lain.


Hasil Swab Kedua

Semuanya indah pada waktunya. Tanggal 8 April 2020 saya diberitahu dokter bahwa hasil PCR untuk kedua swab sudah negatif, dinyatakan sembuh, bebas dari COVID-19, dan boleh pulang.

Saya bersyukur kepada Tuhan atas kesembuhan yang saya peroleh, semua hanya atas kasih karunia-Nya. Untuk masyarakat semuanya, saya mau berpesan agar tidak takut atau panik karena COVID-19, tetapi harus patuh saran Pemerintah untuk social distancing dan physical distancing.

Saya ingat 11 hari sebelum mulai sakit, saya mendatangi acara yang cukup ramai, tidak pasti apakah ada hubungannya dengan COVID-19 pada saya ini. Selain itu, minum vitamin dan obat yang diberikan dokter, selalu pakai masker, batuk dengan etika batuk yang benar.

Yang tidak kalah penting adalah support dari keluarga dan teman-teman, walaupun tidak secara tatap muka.

Support dari orang-orang terdekat ini sangat menguatkan saya untuk terus berdoa, berserah, dan tetap bahagia selama perawatan sampai akhirnya sembuh. Jangan mengucilkan orang yang terkena COVID-19.

Menjaga jarak sosial dan jarak fisik memang harus dilakukan, namun kedekatan emosional dengan support yang terus diberikan melalui telepon, video call, obrolan lewat chat, atau tanggapan positif di medsos sangat-sangat membantu dalam perjuangan sembuh dari COVID-19.

***



Dari keterangan itu, Sukarsih menduga tertular Covid-19 dari acara yang didatanginya sebelas hari sebelum merasakan sakit. Ia mengabaikan risiko tinggi pekerjaannya sebagai perawat di ruang isolasi khusus PDP sebagai tempat masuknya virus corona di tubuhnya.

Terlebih hingga saat ini, isu keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD) masih dialami oleh petugas medis.

Terlepas dari mana virus itu masuk ke tubunya, pantas kita mengucapkan selamat atas kesembuhan Sukarsih dari Covid-19. Ini menunjukkan, masih ada harapan untuk sembuh dan terbebas dari pandemi yang menyebalkan ini.

Ada baiknya kita mengikuti anjuran Pemerintah seperti menjaga jarak sosial (physical distancing) atau tidak berkerumun, tetap di rumah, kecuali ada hal-hal mendesak atau yang penting, selalu gunakan masker, hingga rajin mencuci tangan dengan sabun.

Semoga Pandemi Covid-19 di Indonesia segera berlalu, sehingga kita bisa beraktifitas seperti biasa lagi. Aamiin.



0 komentar:

Posting Komentar