Kamis, 20 Desember 2018

Siap-Siap..! Margorejo Kudus Gelar Festival Durian 2018


omonganem festival durian 2018


SEPEKAN terakhir bereda poster festival durian di Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Poster itu cepat menyebar di grup whatssapp. Banyak yang menyangsikan kebenarannya. Pasalnya, sebelumnya pernah marak beredar poster festival durian di berbagai kota, namun ujung-ujungnya itu kabar hoax.

Tapi tenang saja, festival durian di Desa Margorejo ini benar-benar akan digelar Minggu 23 Desember 2018. Siap siap mabok durian Minggu ini di Desa Margorejo. Tak hanya durian, pengunjung juga akan diajak “ngunduh” ace bersama Bupati Kudus HM Tamzil.

Menurut Kepala Desa Margorejo Ahmad Baskoro, festival ngunduh durian dan ace akan dipusatkkan di Kolam Redi Ayu Margorejo. Sebanyak empat gunungan durian akan dikirab dari Dusun pelang menuju kolam Redi Ayu sejauh sekitar satu kilometer.

Menurut Baskoro, setiap gunungan berisi sekitar 50 buah durian. Sebanyak empat gunungan itu berasal dari warga petani durian di empat dusun di Margorejo, yakni Dusun Karangpanas Paseran, Pelang Gading, Bandung Buyutan, dan Gentungan.

“Tahun ini panen terlambat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun Alhamdulillah hasilnya jauh lebih baik dibanding tahun kemarin. Harganya pun lumayan,” kata Baskoro.

Selain kirab gunungan durian, pada festival durian tahun ini juga digelar lomba durian, lomba foto selfie, lomba mewarnai, doorprize, pentas seni, panggung hiburan, dan nguduh durian bersama bupati Kudus.

BACA JUGA

Wisata Kandang Rusa di Margorejo


Festival durian ini telah ditetapkan menjadi agenda tahunan warga Desa Margorejo. Tahun ini adalah tahun kedua festival durian digelar. Tahun lalu festival durian berlangsung meriah. Ada juga lomba durian digelar yang diikuti warga Margorejo.

Festival ini menjadi upaya warga Margorejo untuk meningkatkan brand durian pelang. Belakangan durian pelang tergerus dengan popularitas durian dari daerah lain. Dengan festival ini, warga diharapkan tertarik berkunjung ke Margorejo, mencicipi langsung buah durian pelang khas Margorejo.

omonganem festiva durian margorejo

Buah durian dan ace menjadi daya tarik wisata Desa Margorejo. Kelompok Sadar Wisata Gema (Gerakan Endahing Margorejo Asri) mengelola kebun durian seluas sekitar 2 hektare kebun buah durian untuk eduwisata. Di kebun milik salah seorang pengusaha itu juga terdapat kandang rusa.

Festival ini juga menjadi sarana edukasi kepada warga pemilik pohon agar terus meningkatkan kualitas durian. Termasuk juga pedagang agar jujur saat menjual durian. Pembeli pun bisa belajar bagaimana mengetahui ciri-ciri durian pelang yang kualitasnya bagus.





0 komentar:

Posting Komentar